Install Linux Di Flash Disk…. Bisa Kah….

12 September 2008 pukul 12:17 AM | Ditulis dalam Tips Linux | 3 Komentar

Menginstall USB Live Ubuntu Linux di USB Flash Disk?? Apa jadinya kalau sistem operasi Linux dapat dijalankan secara portabel, karena kita bisa membawanya ke mana-mana melalui flash disk. Sebenarnya memang sudah banyak Distro Linux yang menyediakan Live Distro Linuxnya pada CD instalasinya.

Seperti pada Ubuntu, ketika kita ingin menginstall sistem operasi tersebut ke dalam hardisk komputer kita, kita harus membooting CD instalasi Ubuntu sehingga Live Ubuntu akan berjalan.

Setelah muncul desktopnya, lalu tinggal menjalankan file “Install” dan ikuti petunjuk perintah selanjutnya. Jadi sebenarnya kita bisa langsung menjalankan Live CD, dengan keuntungan kita bisa melihat tampilan Ubuntu dan mencoba aplikasi-aplikasi yang disediakan tanpa harus menginstall dulu ke dalam hardisk komputer.

Live CD berjalan selama komputer masih menyala dan seluruh data yang diperlukan agar sistem operasi ini berjalan sudah disediakan sepenuhnya di CD tersebut. Namanya juga “live”, berarti menjalankan sistem operasinya langsung lewat medianya (CD).Terus,… kalau Live USB gimana?? Kalau medianya lewat flash disk, emang bisa juga? Tentu bisa! Caranya sangat mudah lagi.

Wah kalau begitu lebih banyak keuntungannya, loadingnya bisa lebih cepat daripada menggunakan CD. Iya juga, karena kecepatan baca dan transfer data pada flash disk lebih cepat daripada kecepatan baca pada CD. Apalagi flash disk kita bisa dibawa ke mana-mana.

Taunya di dalamnya sudah ada linux! Kalau mau ngetik atau ngerjain tugas, tapi mendadak sistem operasinya bermasalah, tinggal colokin aja flash disknya, trus buka OpenOffice.Org. Orang bingung deh, “kok tiba-tiba lo pake Linux?? Kapan installnya?”. Hehehe…So, coba deh Ubuntu dalam USB Flash Disk. Cara menginstall USB Live Ubuntu via Windows dilampirkan pada pdf berikut ini

Buka Link Berikut:

http://komputerblog.com/wp-content/uploads/2008/08/alsani-menginstall-usb-live-ubuntu.zip

Semoga bermanfaat

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. gampang boss, gak perlu pake win**** lagi bikinnya,,,
    linux mint ku liveusb tuh,,, :p

  2. Oke Bos… Tambah DMASIV ae rekkkk…… He..he….

  3. Bos cara instal Linx di flash disk tolong dikirim ke emailku. Tks bos aku gak ngerti blas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: