Memanfaatkan Utilitas Cron di Linux, Supaya mati Otomatis

20 Desember 2008 pukul 9:41 AM | Ditulis dalam Tips Linux | 1 Komentar

By Admin

Suatu Hari saya mempunyai masalah dengan ingatan saya, yaitu Sering Lupa Mematikan komputer2 yang ada di Labratorium Jaringan Komputer saya yang berada di UNTAG Sby, sehingga Listrik di Pakai Sia Sia yang seharusnya Kita Harus Menghemat Sumber Daya Alam ini supaya Bisa Digunakan Oleh Generasi Mendatang.

Ya Sehingga Giamana ya… supaya penyakit Lupa Saya Jika Kambuh Biar Gak Bikin malasah Di kemudian Hari, Ya… Akhirnya aku pergi Ke tempatnya mbah Dukun Google unutk berkonsultasi masalah penyakit saya, dengan lantang Mbah Google berkata… “ha..ha… nyante je… aku nang Burimu”.!! Wah Mbah Google bilang Begitu….

Setelah menerima Jampi Jampi dari Mbah Google Saya langsung Eksekusi tuh…. Komputer saya…. dengan Utilitas CRON yang sudah ada di Mesin Linux Saya, bener kata mbah Google tuh ” nyante je…. aku nang Mburimu “.

saya memakai Mesin Linux dengan kernel 2.6.24-16 rt. Kemudian Masuk ke root anda

unies@unies:~$ su –

Editlah File CronTab anda dengan editor kesukaan anda contoh: nano, Pico, gedit, mcedit dll. tapi kali ini saya memakai gedit karena tampilanya yang menyenangkan

root@unies:~# gedit /etc/crontab

maka akan keluar Tampilan sebagai berikut

# /etc/crontab: system-wide crontab
# Unlike any other crontab you don’t have to run the `crontab’
# command to install the new version when you edit this file
# and files in /etc/cron.d. These files also have username fields,
# that none of the other crontabs do.

SHELL=/bin/sh
PATH=/usr/local/sbin:/usr/local/bin:/sbin:/bin:/usr/sbin:/usr/bin

# m h dom mon dow user    command
17 *    * * *    root    cd / && run-parts –report /etc/cron.hourly
25 6    * * *    root    test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.daily )
47 6    * * 7    root    test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.weekly )
52 6    1 * *    root    test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.monthly )
#

di bagian akhir di tambahkan Scrip sebagai berikut sehingga akan menjadi seperti ini

# /etc/crontab: system-wide crontab
# Unlike any other crontab you don’t have to run the `crontab’
# command to install the new version when you edit this file
# and files in /etc/cron.d. These files also have username fields,
# that none of the other crontabs do.

SHELL=/bin/sh
PATH=/usr/local/sbin:/usr/local/bin:/sbin:/bin:/usr/sbin:/usr/bin

# m h dom mon dow user    command
17 *    * * *    root    cd / && run-parts –report /etc/cron.hourly
25 6    * * *    root    test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.daily )
47 6    * * 7    root    test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.weekly )
52 6    1 * *    root    test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.monthly )
30 22    * * *     root    init 0
#

m = menjelaskan menit keberapa anda kehendaki komputer anda unutk mati sendiri

h = menjelaskan Hour / jam keberapa komputer anda untuk mati

dom, mon, dow Sebaiknya di isi Bintang saja

user = isikan root supaya akses root yang mematikan mesin Linux kita

coomand = isikan init 0 (perintah mematikan mesin linux)

Akhirnya penyakit Pelupa saya dapat di atasi deh….. berkat Mbah Google…… mkasih Mbah Atas jampi-jampinya….. semoga amal ibdah anda diterima di sisi allah Swt.

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah Linux memang keren ya……..


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

